Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Seputar Batik Tradisional Dan Modern, Baca Ulasan Selengkapnya di Sini

Seputar Batik Tradisional Dan Modern, Baca Ulasan Selengkapnya di Sini

Diposting pada 14 November 2021 oleh batiktulisgiriloyo | Dilihat: 89 kali

Batik merupakan salah satu karya yang berasal dari bangsa Indonesia. Bahkan di luar negeripun batik begitu terkenal hingga dipakai oleh banyak orang penting untuk urusan kenegaraan. Namun tahukah Anda bagaimana cara  membedakan batik tradisional dan modern. Saat ini memang banyak yang belum tahu akan hal tersebut. Maka dari itu tak heran jika ada beberapa orang yang menanyakan tentang jelaskan perbedaan batik tradisional dan batik modern.

Perbedaan batik tradisional dan modern

Tentunya agar bisa lebih memahami tentang apa  itu perbedaan batik tradisional dan batik modern. Bahkan mungkin akan mempermudah anda untuk menjawab pertanyaan jelaskan perbedaan batik tradisional dan batik modern.

Diperlukan sebuah penjelasan yang begitu mendetail. Sebab kurangnya informasi terkait dengan perbedaan batik tradisional dan modern membuat beberapa orang sulit untuk menjelaskan. Bahkan terkadang ada yang salah ketika memilih sebuah batik.

Namun anda tak perlu khawatir akan hal tersebut, sebab pada poin ini akan dijelaskan secara detail terkait dengan perbedaan batik modern dan tradisional.

  1. Batik tradisional

Batik tradisional adalah sebuah motif bersambung atau keterkaitan antara satu dengan lainnya. Corak ini biasanya terdiri dari sebuah titik atau garis. Dalam proses pembuatan batik tradisional biasanya dengan sistem manual.

Selain itu sebuah cairan lilin malam juga akan menjadi salah satu media yang dibutuhkan dalam proses pembuatan batik tradisional ini. Karena menggunakan sistem manual. Tentunya proses pembuatan yang diperlukan juga lebih lama dibandingkan dengan batik modern.

Namun jika dilihat dari segi estetika, batik tradisional yang bisa memberikan nuansa terbaiknya. Maka tak heran jika batik tradisional lebih mahal dibandingkan batik modern.

Agar lebih mudah lagi mengetahui perbedaan batik tradisional dan batik modern juga bisa dilihat pada ciri-ciri yang dimilikinya. Berikut adalah beberapa ciri yang dimiliki oleh batik tradisional.

  1. Memiliki bentuk motif atau corak dengan makna simbolik.
  2. Biasanya ada begitu banyak variasi yang digunakan, mulai dari motif bentuk ular, pagoda, geometris, hingga barong.
  3. Untuk warna dari batik tradisional biasanya akan lebih terlihat gelap seperti coklat kehitaman atau hitam dan juga putih.
  4. Secara umum setiap daerah memiliki motif batik tradisional sendiri.
  1. Batik modern

Secara mudahnya, batik modern adalah sebuah batik yang dalam proses pembuatannya memiliki aturan tertentu. Mulai dari warna hingga motif akan memiliki sebuah ketentuan. Setiap elemen yang ada di dalam batik modern biasanya akan disesuaikan oleh perkembangan jaman.

Lalu untuk harga dari batik modern terbilang lebih terjangkau dibandingkan dengan batik tradisional. Selain itu untuk mendapatkan batik modern juga bisa lebih mudah dibandingkan batik tradisional. Baik di pasar tradisional hingga pusat perbelanjaan modern bisa ditemukan dengan mudah batik modern tersebut.

Seperti halnya pada poin sebelumnya, perbedaan batik modern dan batik tradisional bisa dilihat dari cirinya. Berikut adalah beberapa ciri yang dimiliki oleh batik modern.

  1. Corak yang dimiliki oleh batik modern tidak memiliki arti khusus.
  2. Corak yang digunakan dalam batik modern biasanya seperti tumbuhan, rangkaian bunga, dan lainnya.
  3. Sedangkan untuk waran bisanya akan terbilang tidak ada aturan atau bebas. Contohnya merah, ungun, biru, dan lainnya.

Tentunya perbedaan dari batik tradisional dan modern bisa menjadi salah satu faktor penentu harga jual masing-masing produk batik. Harga kain batik tulis per meter juga akan berbeda dengan harga kain batik cap atau modern.

Baca juga cara pakai kain batik tradisional

Tips memilih batik tradisional

Saat ini memang banyak sekali batik tradisional yang bisa dipesan secara langsung. Batik kawung memiliki batik tulis yaitu salah satu contoh dari batik tradisional. Namun tahukah anda jika suatu batik bisa dipalsukan.

Tentunya jika hal tersebut benar terjadi, maka akan membuat rugi semua orang. Tak hanya para konsumen, nama baik dari batik tradisional juga akan ikut tercemar. Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui bagaimana cara atau tips dalam memilih batik tradisional.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk memilih batik tradisional agar tidak kena tipu.

  1. Perhatikan jenis batik yang dijual

Hal pertama yang bisa anda perhatikan adalah pada bagian jenis batik yang dijual. Secara umum kain batik yang dijual dipasaran dibedakan menjadi dua yaitu batik tulis dan batik cetak. Untuk batik tulis atau batik tradisional biasanya akan terlihat lebih estetik.

Lebih mudah lagi jika dilihat dari bagian harganya, kain batik dengan harga yang lebih tinggi biasanya adalah kain batik tradisional.

  1. Jenis bahan

Berikutnya adalah pada bagian jenis bahan yang digunakan untuk membuat kain batik tersebut. Jika memang ingin mendapatkan kenyamanan, maka kain katun untuk membuat batik adalah pilihan terbaiknya.

Sebab kain katun memiliki sifat mudah menyerap keringat. Selain itu kain katun juga begitu mudah dalam menyerap keringat. Lalu untuk keperluan acara formal, maka kain batik dari bahan sutra adalah pilihan terbaik.

  1. Raba cetakan warna

Salah satu kelemahan dari batik cetak adalah warna luntur ketika dicuci. Maka dari itu untuk mengetahui apakah batik tersebut luntur apa tidak biasanya dapat dengan cara merabanya. Jika memang diraba warna dari batik tersebut menempel.

Maka bisa diartikan jika waran batik tersebut akan luntur ketika dicuci. Tentunya warna batik yang tidak luntur akan memiliki kualitas yang lebih tinggi.

  1. Lihat bahan pada bagian luar dan dalam

Kain batik dengan kualitas terbaik biasanya tidak akan memiliki warna yang berbeda baik dari luar dan dalam. Maka dari itu coba untuk membalik bagian dalam dan luar agar bisa mengerti perbedaan dari kain batik tersebut.

  1. Coba tempelkan pada kulit

Terakhir Anda bisa mencoba untuk menempelkan pada bagian kulit. Biasanya jika sebuah kain tersebut memiliki kualitas terbaik. Tentunya akan memberikan rasa nyaman dan begitu sejuk ketika dipakai.

Meski batik cetak memiliki kondisi halus dengan adanya bantuan sebuah mesin. Namun jika dibandingkan dengan kain batik tulis. Tentu saja batik tulis masih bisa mendapatkan kualitas terbaik dalam segi kenyamanan.

Dengan menggunakan beberapa tersebut, tentunya memilih sebuah kain batik tradisional akan lebih mudah.

Keuntungan dari batik tulis

Batik tulis atau batik tradisional memang bisa memberikan keuntungan kepada para penggunanya. Banyak sekali lho keuntungan yang diberikan oleh batik tulis. Contohnya adalah batik tulis mampu memiliki nilai seni tinggi.

Dengan nilai seni yang begitu tinggi, tentunya harga jual yang dimiliki oleh batik tersebut juga akan ikut naik. Bahkan tak jarang ketika para pengusaha membeli sebuah batik, batik tersebut juga akan dijual kembali dengan harga yang cukup menguntungkan.

Dengan memahami penjelasan diatas tentunya ketika ada pertanyaan jelaskan perbedaan batik tradisional dan batik modern. Anda bisa menjawab dengan baik dan lugas.

Bagikan informasi tentang Seputar Batik Tradisional Dan Modern, Baca Ulasan Selengkapnya di Sini kepada teman atau kerabat Anda.

Seputar Batik Tradisional Dan Modern, Baca Ulasan Selengkapnya di Sini | Batik Tulis Giriloyo

Belum ada komentar untuk Seputar Batik Tradisional Dan Modern, Baca Ulasan Selengkapnya di Sini

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
MOTIF BATIK WAHYU TUMURUN BLEDAK

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

BATIK WAHYU TUMURUN Rp 1.100.000
Ready Stock / SKM 55
Rp 1.100.000
Ready Stock / SKM 55
QUICK ORDER
Motif Batik Wahyu Tumurun Sogan Latar Kembang Pacar

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

batik wahyu tumurun Rp 1.400.000
Ready Stock / BL 22
QUICK ORDER
JUAL MOTIF BATIK SAWAT GRINGSING

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

batik sawat gringsing, Rp 800.000
Ready Stock / BTG 01
Rp 800.000
Ready Stock / BTG 01
SIDEBAR