Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Kampung Batik Giriloyo Yogyakarta

Mengenal Kampung Batik Giriloyo Yogyakarta

Diposting pada 1 Oktober 2021 oleh batiktulisgiriloyo | Dilihat: 40 kali

Kampung Batik

Kampung Batik Giriloyo

Kampung Batik Giriloyo

Batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yang diakui sebagai warisan dunia non bendawi oleh UNESCO. Sebagai bentuk warisan budaya asli Indonesia, masyarakat selalu dihimbau untuk dapat menunjukkan kebanggaan dan kecintaannya terhadap batik. Salah satunya adalah melalui kunjungan ke kampung batik.

Di kampung batik para pengunjung atau wisatawan bisa melihat proses pembuatan mahakarya batik khususnya batik tulis secara langsung.Bahkan berkesempatan belajar membatik dari para pengrajin batik yang ada di sana. Hal tersebut membuat para pengunjung bisa merasakan kedekatan yang lebih intens dengan warisan budaya Indonesia yang bernama batik.

Saat ini, Anda pun bisa mengunjungi kampung batik Giriloyo yang ada Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun, tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Yakni dengan memakai masker, mencuci tangan, dan juga menjaga jarak.

Dengan mengunjungi secara langsung, Anda bisa mengetahui kondisi sekitar yang ada di kampung batik atau terjun langsung mencoba membuat kain batik sendiri. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar dunia batik di Kampung batik Giriloyo melalui pengrajinnya langsung.

Kampung Batik Giriloyo

Kampung Batik Giriloyo adalah Sentra Batik Tulis yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sentra Batik Tulis Giriloyo merupakan pusat batik tulis khas keraton terbesar yang ada di Yogyakarta. Bahkan, hampir 70 persen Kaum perempuan di daerah ini merupakan pengrajin batik.

Yang lebih menariknya lagi, letak kampung yang satu ini berada di bawah kaki perbukitan Imogiri, yang merupakan makam Raja-raja Yogyakarta dan Surakarta.Lokasi ini merupakan lokasi yang masih dikelilingi dengan suasana sejuk, asri, dan tenang.

Bila Anda berkunjung ke tempat ini anda akan merasakan suasana pedesaan yang sejuk dan asri yang berbeda dengan kampung-kampung batik lainnya hingga menyaksikan ketenangan lingkungan sekitar.

Tidak heran jika banyak pengunjung yang berdatangan juga memiliki tujuan tersendiri. Mulai dari belajar membatik, kunjungan kebudayaan, hingga kepentingan untuk menenangkan diri melalui liburan di tempat tersebut yang cukup menenangkan.

Kampung Batik Giriloyo juga cukup terkenal sebagai penyedia berbagai macam motif batik. Perlu Anda ketahui juga bahwa kampung ini tidak hanya menjadi destinasi wisata untuk berbelanja batik saja, melainkan juga dimanfaatkan sebagai pusat pameran budaya batik yang istimewa dengan proses pembuatan yang cukup lama.

Beberapa tahap yang harus dilewati menjadi penyebab lamanya pembuatan batik tulis di kampung Giriloyo.  Mulai dari pembuatan pola, 4-5 kali pencantingan dengan masing-masing proses pencantingan dapat memakan waktu sekitar 1 minggu, barulah kemudian dilanjutkan pada tahap pewarnaan akhir yang bisa beberapa kali pewarnaan juga.

Nah, jika Anda mencari salah satu kampung yang legendaris, maka jawabannya adalah Kampung Batik Giriloyo. Hal tersebut dikarenakan kampung ini merupakan kampung di Yogyakarta yang ada sejak ratusan tahun yang lalu dengan produk-produk kain batik terbaik serta istimewa.

Tidak hanya mengagumi dan melihat-lihat batik Giriloyo saja. Pengunjung atau wisatawan juga bisa ikut untuk turut menikmati paket wisata belajar membatik di tempat tersebut.

Saat Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan melihat pengrajin-pengrajin di setiap sudut tempatnya. Sebab, di sentra batik ini terdapat lebih dari 600 pengrajin yang siap mengajari para wisatawan atau pengunjung yang hendak membatik.

Nah itulah sebabnya batik Giriloyo bisa dikatakan sebagai salah satu warisan budaya batik yang cukup unik serta menjadi salah satu tempat belajar batik yang cukup terkenal di Indonesia.

Di kampung yang satu ini, Anda sebagai pengunjung dapat melihat, memperhatikan, dan juga ikut serta dalam proses pembuatan maupun terjun dalam proses pewarnaan batik sekaligus menikmati keindahan alam yang disajikan.

Pemberdayakan Kampung Batik Giriloyo

Setelah Anda mengenal Kampung Batik Giriloyo, selanjutnya Anda akan kami ajak untuk mengetahui manfaat diberdayakannya kampung penuh batik satu ini.

  1. Kampung Batik Giriloyo Sebagai Tempat Wisata

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa di kampung-kampung batik, Anda dapat berkunjung dengan menikmati keseruan pembuatan batik maupun menikmati suasana kampung batiknya. Nah, maraknya para pengunjung atau wisatawan yang berdatangan ini menjadi salah satu tujuan dibentuk dan dikembangkannya kampung-kampung khusus batik di Indonesia sebagai tempat wisata.

  1. Kampung Batik Giriloyo Sebagai Pengembangan Industri Batik

Selain itu kampung batik juga dibentuk sebagai perantara pengembangan industri batik yang ada di Indonesia. Dengan demikian, produk-produknya akan terus mengalir dan bisa menjadi peluang perekonomian masyarakat Indonesia dalam hal pemasaran batik di dalam maupun di luar negeri.

  1. Kampung Batik Giriloyo Sebagai Edukasi dan Penelitian

Tujuan selanjutnya adalah edukasi. Tidak heran jika para pengunjung yang berdatangan ke kampung ini merupakan orang-orang yang sedang melakukan penelitian maupun pengabdian masyarakat.

Kampung batik ini memang ditujukan juga untuk hal-hal edukatif seperti itu supaya masyarakat Indonesia melek akan budaya dan tidak melupakannya begitu saja.

Mempelajari sejarah, filosofi motif, hingga mendalami proses pembuatan batik juga menjadi salah satu tujuan yang ada pada pembuatan kampung-kampung ini di Indonesia dalam hal edukasi.

  1. Kampung Batik Giriloyo Sebagai Upaya Pelestarian Warisan Bangsa

Selanjutnya terdapat tujuan dalam hal pelestarian warisan budaya. Bagaimana tidak, di tempat ini Anda akan disuguhkan langsung dengan proses pembuatan hingga beragam kain batik yang sudah jadi tanpa henti. Kegiatan tersebut akan berputar secara terus menerus sebab itulah gunanya tempat ini, yakni untuk pelestarian warisan budaya bangsa.

Penutup

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar sentra batik giriloyo, jangan sungkan-sungkan untuk mengunjungi laman utama kami. Pasalnya, Anda akan kami ajak untuk mendalami tentang batik tulis dan eduwisata di kampung batik Giriloyo. Mulai dari informasi seputar proses pembuatan batik, dan menjelajahi fakta-fakta terkait sejuknya area sekitar industri batik.

Dengan mengenal batik Giriloyo dan tujuan diberdayakannya Kampung Batik Giriloyo, diharapkan dapat menambah wawasan Anda terkait budaya bangsa Indonesia yang sangat populer bernama batik ini. Selain itu, tentu dengan mengetahui keistimewaan yang ada di dalamnya, semakin membuat bangga dan takjub sebagai sesama warga negara Indonesia.

 

Bagikan informasi tentang Mengenal Kampung Batik Giriloyo Yogyakarta kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Kampung Batik Giriloyo Yogyakarta | Batik Tulis Giriloyo

Belum ada komentar untuk Mengenal Kampung Batik Giriloyo Yogyakarta

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
Motif Batik Wahyu Tumurun Sogan Latar Kembang Pacar

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

batik wahyu tumurun Rp 1.400.000
Ready Stock / BL 22
QUICK ORDER
Miliki Batik Wahyu Tumurun dari Batik Giriloyo

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

motif batik wahyu tumurun Rp 750.000
Ready Stock / SMY 14
Rp 750.000
Ready Stock / SMY 14
QUICK ORDER
JUAL MOTIF BATIK SAWAT GRINGSING

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

batik sawat gringsing, Rp 800.000
Ready Stock / BTG 01
Rp 800.000
Ready Stock / BTG 01
SIDEBAR