Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Yuk Jalan-jalan Ke Sentra Batik Yogyakarta Di Imogiri

Yuk Jalan-jalan Ke Sentra Batik Yogyakarta Di Imogiri

Diposting pada 16 November 2020 oleh batiktulisgiriloyo | Dilihat: 169 kali

     

Sentra Batik Yogyakarta

Sentra Batik Yogyakarta

Sentral Batik Yogyakarta  terkenal dengan kerajinan Batik Tulisnya, pasalnya kain Batik telah digunakan sejak masa Kerajaan Mataram yakni sejak tahun 1654 Masehi atau abad ke 17. Banyak wisatawan yang datang ke Yogyakarta untuk berburu kain Batik khas Keraton Jogja dan Solo ini yang bermotif Klasik tradisional.Salah satu penghasil batik tulis ini adalah Kampung batik Giriloyo.

       Bagi Pecinta Batik, mengunjungi Sentra Batik Yogyakarta memberikan keuntungan lebih karena bisa belanja Batik sekaligus belajar membuat batiknya. Kampung Batik Giriloyo adalah Sentra Batik Tulis Tertua Di Yogyakarta yang menawarkan paket wisata belajar sekaligus belanja Batik Tulis. Ada sekitar 500 pengrajin Batik yang kebanyakan anggotanya adalah ibu-ibu yang produktif.

       Dari tangan-tangan terampil ibu-ibu di kampung Giriloyo, terciptalah Batik Tulis Yogyakarta yang kaya Motif dan warna menarik. Kelompok Batik Giriloyo mampu memproduksi sekitar 100 buah Batik Tulis tiap Bulannya. Batik Tulis karya pengrajin Batik Giriloyo banyak diminati, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Mengunjungi Sentra Batik Yogyakarta

      Letak Sentra Batik Tulis Yogyakarta di kampung Giriloyo desa Wukirsari tak jauh dari pusat Kota Jogja. Lama waktu perjalanan dari pusat Kota atau Keraton Jogja hanya sekitar 30 menit tergantung kondisi lalu lintas. Anda cukup mengarahkan kendaraan ke arah terminal Giwangan Yogyakarta, kemudian jalan ke arah selatan menuju makam raja-raja Imogiri melalui Jalan Imogiri Timur.

      Dari Makam Raja-raja Imogiri, Sentra Batik Yogyakarta kampung Giriloyo hanya berjarak sekitar 1 kilometer. Untuk mencapai Kampung Batik Giriloyo, Anda cukup mengambil arah kiri dari area Makam Raja melewati  makam seniman, setelah melewati jalanan perbukitan yang menanjak dan menurun, kemudian Anda akan sampai ke Kampung Batik Giriloyo yang merupakan Sentra Batik Terbesar.

      Ada 3 dusun yang produktif menghasilkan Batik di kampung Batik Giriloyo yaitu Dusun Cengkehan, Giriloyo dan Dusun Karang Kulon. Tidak semua pengrajin Batik Giriloyo tergabung dalam Paguyuban Batik Tulis Giriloyo yang mewadahi aktivitas membatik dari ketiga dusun tersebut,Paguyuban Batik Tulis Giriloyo berlokasi  di Dusun Karang Kulon atau kawasan Giriloyo sebelah barat.lebih tepatnya lokasi Paguyuban Batik Tulis Giriloyo berada di Jalan Imogiri Timur KM 14, Dusun Karang Kulon Rt 05, Kalurahan Wukirsari,Kapanewon Imogiri,Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta 55782.

       Batik Giriloyo memiliki warna khas Soga atau coklat dan aneka ragam motif seperti Wahyu Tumurun, Sri Kuncoro, Sekar Arum, Sida Asih, Sido Luhur dan Motif lainnya. Selain itu, Batik Giriloyo dibuat dengan menggunakan kain berkualitas dan dikerjakan dengan tangan-tangan terampil pengrajin yang mengutamakan kehalusan dan keindahan Batik Tulis.

      Menikmati liburan sembari mampir ke Sentra Batik Yogyakarta di Kampung Batik Giriloyo akan memberikan pengalaman yang mengesankan untuk Anda dan keluarga. Sebab, tak hanya sekedar belanja Batik saja yang bisa dilakukan, Anda juga dapat melihat langsung proses pembuatan Batik Tulis Yogyakarta dari dekat.

      Ada paket kursus singkat yang disediakan oleh pengelola sentra Batik Tulis Yogyakarta berdurasi 2 jam untuk wisatawan yang ingin belajar membatik dengan kain dan canting. Uniknya, hasil kain Batik yang dikerjakan saat kursus dapat dibawa pulang untuk cendera mata, sehingga belajar membatik di Giriloyo terasa menyenangkan dan mengasyikkan.

      Selain itu, suasana pedesaan dengan pemandangan alam yang asri dan udara sejuk, semakin memanjakan wisatawan yang berkunjung ke pusat Batik khas Yogyakarta. Tak hanya itu, tersedia juga gazebo wisata yang berfungsi sebagai gallery sekaligus tempat belajar membatik dan ada juga free wifi yang dapat digunakan sebagai fasilitas untuk upload foto  di sosial media. Akhir kata, yuk isi liburan dengan berkunjung  ke Sentra Batik Yogyakarta. Dan bila masih berkenan silahkan baca juga tentang Paguyuban Batik Giriloyo juga di halaman lain.

TRIMAKASIH

Bagikan informasi tentang Yuk Jalan-jalan Ke Sentra Batik Yogyakarta Di Imogiri kepada teman atau kerabat Anda.

Yuk Jalan-jalan Ke Sentra Batik Yogyakarta Di Imogiri | Batik Tulis Giriloyo

Belum ada komentar untuk Yuk Jalan-jalan Ke Sentra Batik Yogyakarta Di Imogiri

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
MOTIF BATIK WAHYU TUMURUN BLEDAK

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

BATIK WAHYU TUMURUN Rp 1.100.000
Ready Stock / SKM 55
Rp 1.100.000
Ready Stock / SKM 55
QUICK ORDER
Motif Batik Wahyu Tumurun Sogan Latar Kembang Pacar

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

batik wahyu tumurun Rp 1.400.000
Ready Stock / BL 22
QUICK ORDER
JUAL MOTIF BATIK SAWAT GRINGSING

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

batik sawat gringsing, Rp 800.000
Ready Stock / BTG 01
Rp 800.000
Ready Stock / BTG 01
SIDEBAR