Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Ini Dia Jenis Kain Untuk Batik Tulis

Ini Dia Jenis Kain Untuk Batik Tulis

Diposting pada 3 April 2022 oleh batiktulisgiriloyo | Dilihat: 82 kali

Batik merupakan suatu kekayaan Indonesia yang kini sudah merancang ke dunia internasional. Seperti yang Anda ketahui,bahwa batik terdapat dua macam, yakni batik tulis dikenal dengan batik canting dan juga batik cap atau batik print. Batik tulis merupakan jenis batik yang dibuat dengan cara diukir manual dengan menggunakan tangan sang pembatik. Sedangkan batik cap cenderung menggunakan mesin dalam pembuatan motifnya.

Membahas mengenai batik tulis atau canting yang dilakukan dengan pengukiran manual, tentunya dibutuhkan kain sebagai media pengukiran. Nah, kira – kira jenis kain untuk batik tulis apa yang cocok digunakan? Maka dari itu, simak informasi mengenai jenis kain untuk batik tulis berikut ini yuk!

Kain Mori

Pertama, jenis kain yang cocok untuk dijadikan batik tulis adalah kain mori. Kain mori ini dikenal dengan wujud polosnya dan tebal. Meski begitu, kain ini memiliki tingkat kehalusan dan kerapatan yang sangat baik sehingga akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan untuk membatik. Kain mori ini merupakan kain yang paling familiar digunakan untuk membatik dan sering juga disebut dengan cambric.  Dan merupakan jenis kain yang paling nyaman dijadikan sebuah batik tulis.

Kain Grey

Selanjutnya, jenis kedua adalah jenis kain grey. Jenis kain ini sebenarnya merupakan jenis kain yang bisa dibilang sebagai bahan belum selesai karena tidak mengalami adanya proses pemutihan sehingga dari segi warna kain grey ini masih memiliki warna asli. Kain grey dibuat dengan proses penenunan benang kapas sehingga memang sangat cocok untuk dijadikan suatu busana 9 terutama batik ) ataupun untuk digunakan sebagai aksesoris.

Kain grey yang biasanya digunakan untuk membatik memiliki beberapa jenis yang mana salah satunya adalah kain blacu yang sering kita dengar yang merupakan suatu kain yang ditenun tanpa menggunakan mesin dan juga kain gedhog. Proses pembuatan kain grey ini akan menghasilkan kain dengan kualitas baik dan sangat indah untuk dijadikan sebagai kain batik.

Kain Dobby

Terakhir, jenis kain untuk batik tulis yang juga banyak digunakan. Jenis kain ini merupakan jenis kain tenun timbul yang biasanya didapatkan dari kombinasi polyester dan katun.adanya campuran kedua jenis bahan ini nantinya akan memberikan hasil yang menarik terutama untuk bagian motifnya karena kombinasi antar berbagai motif menciptakan kombinasi yang indah.  Nah, ada beberapa jenis motif yang dimiliki oleh kain dobby, berikut ini diantaranya :

  • Dobby motif baron
  • Dobby motif kotak – kotak
  • Dobby motif crystal
  • Dobby motif herringbone
  • Dan dobby motif salur.

Nah, itulah 3 jenis kain untuk batik tulis yang banyak digunakan saat ini. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang berburu kain untuk batik tulis ya!

Bagikan informasi tentang Ini Dia Jenis Kain Untuk Batik Tulis kepada teman atau kerabat Anda.

Ini Dia Jenis Kain Untuk Batik Tulis | Batik Tulis Giriloyo

Belum ada komentar untuk Ini Dia Jenis Kain Untuk Batik Tulis

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
JUAL MOTIF BATIK SAWAT GRINGSING

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

batik sawat gringsing, Rp 800.000
Ready Stock / BTG 01
Rp 800.000
Ready Stock / BTG 01
QUICK ORDER
Miliki Batik Wahyu Tumurun dari Batik Giriloyo

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

motif batik wahyu tumurun Rp 750.000
Ready Stock / SMY 14
Rp 750.000
Ready Stock / SMY 14
QUICK ORDER
Motif Batik Wahyu Tumurun Sogan Latar Kembang Pacar

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

batik wahyu tumurun Rp 1.400.000
Ready Stock / BL 22
SIDEBAR