Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » Yuk Kenalan Dengan Paguyuban Batik Tulis Giriloyo, Wadah Kelompok Pengrajin Batik Di Jogja

Yuk Kenalan Dengan Paguyuban Batik Tulis Giriloyo, Wadah Kelompok Pengrajin Batik Di Jogja

Diposting pada 16 November 2020 oleh batiktulisgiriloyo | Dilihat: 155 kali

Paguyuban Batik Giriloyo yang  memproduksi Batik khas Jogja,terkenal dengan motif klasiknya serta kualitasnya yang baik. Ciri khas yang melekat pada Batik Tulis Giriloyo tak terlepas dari tangan-tangan terampil para pengrajinnya. Jogja memiliki banyak kelompok pengrajin Batik yang mampu menghasilkan karya Batik dengan kualitas yang sangat baik. Salah satu wadah kelompok pengrajin Batik Tulis Giriloyo yang terkenal adalah Paguyuban Batik Giriloyo. Paguyuban ini juga merupakan pengelola Gazebo Wisata Batik Tulis Giriloyo yang terkenal dengan paket wisata belajar membatiknya. Hingga saat ini, kawasan wisata kampung Batik Giriloyo semakin berkembang pesat dan omset pengrajin Batiknya juga semakin meningkat.

Perkembangan Kampung Batik Giriloyo juga tak terlepas dari upaya Paguyuban Batik Tulis Giriloyo dalam mengelola setiap aktivitas seluruh pengrajin Batik Tulis Giriloyo yang ada di Kampung Batik Giriloyo. Adanya Paguyuban Batik Giriloyo yang diresmikan sejak tahun 2008 menjadikan para pengrajin Batik semakin sejahtera, sebab Gazebo Wisata Batik Giriloyo tidak pernah sepi dari pengunjung.

         Sejarah Terbentuknya Paguyuban Batik Giriloyo

Kemampuan membatik masyarakat Kampung Giriloyo yang terdiri dari  masyarakat tiga dusun yaitu dusun Cengkehan,dusun Giriloyo dan dusun Karang Kulon diperkirakan sudah ada sejak abad 17, saat kerajaan Mataram masih berkuasa. Namun, keterampilan membatik yang dimiliki masyarakat  Kampung Giriloyo tetap lestari hingga saat ini karena terus diwariskan secara turun temurun. Selain itu, cara pembuatan Batik yang digunakan juga tetap mengikuti cara yang diajarkan oleh nenek moyang, yakni dengan cara tradisional yang membutuhkan waktu lama dalam pengerjaan.

Para pengrajin yang bertahun tahun membuat batik namun hanya sebagai buruh batik namun keadaan berubah ketika gempa dahsyat melanda Yogyakarta pada tahun 2006. Akibat terjadinya Gempa, banyak pengrajin Batik Giriloyo yang gulung tikar . Namun, pasca terjadi gempa, kelompok Pengrajin Batik di Desa Giriloyo berinisiatif untuk bangkit menghidupkan kejayaan Batik Tulis.

Upaya Kelompok Pengrajin Batik Giriloyo untuk Bangkit, mendapatkan respon positif dari LSM sosial dan pemerintah. Pada tahun 2007-2008 pemerintah memberikan kucuran dana untuk perbaikan sarana prasarana di Kampung Batik Giriloyo, seperti jalan akses menuju kawasan kampung Giriloyo dan lain-lain. Saat ini akses jalan masuk kawasan Giriloyo sudah beraspal mulus dan nyaman untuk  dilewati kendaraan.

Ditahun yang sama pula, LSM sosial juga membantu untuk membangun Gazebo wisata yang saat ini digunakan sebagai tempat seminar atau workshop dan juga showroom untuk pameran. Kemudian pada tahun 2008 tepatnya pada tanggal 28 Juni 2008 diresmikanlah Paguyuban Batik Giriloyo sebagai wadah yang menampung 12 kelompok Pengrajin Batik di desa itu.

paguyuban batik Giriloyo

Galeri Paguyuban Batik Giriloyo

Didirikannya Paguyuban Batik Tulis Giriloyo bertujuan untuk menghimpun produk kelompok Pengrajin Batik untuk dipasarkan bersama di Showroom Batik Giriloyo. Selain itu, Paguyuban Batik Giriloyo juga dijadikan sebagai sarana pertukaran informasi mengenai kondisi pasar dan strategi pemasaran Batik. Adanya Paguyuban Batik Giriloyo tentunya menjadikan persaingan usaha antar kelompok Pengrajin Batik semakin sehat dan terarah.

Tujuan lain dari didirikannya Paguyuban Batik Giriloyo adalah sebagai penanggung jawab semua kegiatan pelatihan, outbound, studi banding  kunjungan dan lain-lain yang berlangsung di Kampung Batik Giriloyo. Selain itu, paguyuban ini juga bertanggung jawab terhadap kegiatan desa wisata serta menjadi koordinator program yang dilaksanakan oleh kelompok Pengrajin Batik.

Saat ini, anggota  Paguyuban Batik Giriloyo terdiri dari 12 kelompok Pengrajin Batik Tulis  yang berada di Dusun Karang Kulon, Giriloyo dan Cengkehan. Demikian ulasan singkat mengenai Paguyuban Batik Giriloyo, wadah Pengrajin Batik Tulis  klasik khas  Keraton  Jogja, semoga artikel ini bermanfaat,dan bila ingin mengetahui batik klasik dengan motif batik wahyu tumurun silahkan baca di artikel berikut.

 

Bagikan informasi tentang Yuk Kenalan Dengan Paguyuban Batik Tulis Giriloyo, Wadah Kelompok Pengrajin Batik Di Jogja kepada teman atau kerabat Anda.

Yuk Kenalan Dengan Paguyuban Batik Tulis Giriloyo, Wadah Kelompok Pengrajin Batik Di Jogja | Batik Tulis Giriloyo

Belum ada komentar untuk Yuk Kenalan Dengan Paguyuban Batik Tulis Giriloyo, Wadah Kelompok Pengrajin Batik Di Jogja

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
MOTIF BATIK WAHYU TUMURUN BLEDAK

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

BATIK WAHYU TUMURUN Rp 1.100.000
Ready Stock / SKM 55
Rp 1.100.000
Ready Stock / SKM 55
QUICK ORDER
Motif Batik Wahyu Tumurun Sogan Latar Kembang Pacar

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

batik wahyu tumurun Rp 1.400.000
Ready Stock / BL 22
QUICK ORDER
JUAL MOTIF BATIK SAWAT GRINGSING

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

batik sawat gringsing, Rp 800.000
Ready Stock / BTG 01
Rp 800.000
Ready Stock / BTG 01
SIDEBAR