Buka jam 08.00 s/d jam 21.00
Beranda » Artikel Terbaru » 4 Keunikannya Batik Tulis (Batik Tulis Dikenal dengan Istilah Batik Canting)

4 Keunikannya Batik Tulis (Batik Tulis Dikenal dengan Istilah Batik Canting)

Diposting pada 12 Desember 2021 oleh batiktulisgiriloyo | Dilihat: 255 kali

Batik tulis dikenal dengan istilah Batik Canting yang sudah biasa dilihat di tempat pengrajin batik tulis  atau mungkin anda pernah mencoba secara langsung.

Batik Tulis merupakan salah satu budaya warisan Indonesia karena memiliki banyak sekali keistimewaan. Batik yang saat ini sudah menjadi pakaian resmi untuk acara-acara formal dan juga semakin dikenal dalam ranah Internasional. Memakai Batik adalah kebanggaaan tersendiri yang harus tetap dilestarikan.

Apabila diminta untuk menyebutkan peralatan untuk membatik, khususnya batik tulis maka jawaban yang akan Anda temukan adalah kain mori, lilin atau malam, Zat pewarna, gawangan, canting, kompor kecil, dan wajan.

Berikut adalah keunikan batik tulis yang kerap menjadi primadona bagi pecinta batik.

Batik Tulis Canting

Batik Tulis Canting

Dikerjakan dengan Cara Tradisional atau Manual

Batik tulis berasal dari Jawa yang dikembangkan terutama di kerajaan-kerajaan di Jawa seperti Mataram,Surakarta ataupun Yogjakarta. Yogyakarta dan  Solo saat ini menjadi salah satu sentra budaya Batik yang sudah menghasilkan banyak sekali Batik Tulis. Batik tulis memiliki keunikan yaitu dikerjakan secara tradisional atau manual, sehingga tidak heran harga yang dibandrol oleh Batik tulis atau batik canting relatif jauh lebih mahal dibandingkan batik cap dan  jenis batik lainnya.

Alat yang digunakan juga masih sangat tradisional dan tidak menggunakan bantuan mesin sedikitpun. Pada Batik Canting, kreativitas seorang seniman Batik sangat diutamakan. Dedikasi yang tinggi untuk menggunakan peralatan dan juga bahan-bahan yang masih alami adalah hal yang tidak akan Anda dapatkan pada batik selain batik tulis atau batik Canting.

Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap lamanya pengerjaan Batik Canting ketika akan diproduksi. Walaupun Anda bisa mendapatkannya dalam jumlah yang banyak, tetapi waktu yang dibutuhkan setiap seniman batik untuk menghasilkan batik yang akan dijadikan pakaian atau lainnya cenderung tidak sebentar.

Ketika digunakan untuk fashion, Batik Canting juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan batik jenis lainnya. Hal ini menjadi alasan mengapa banyak sekali yang memburu Batik Canting untuk dijadikan pakaian formal mulai dari kerja hingga menghadiri acara-acara yang sangat penting. Bahkan, harga batik tulis termahal dapat Anda beli dengan 30 Juta Rupiah.

Seni yang Ada pada Batik Tulis Berbeda-beda

Seniman Batik tentu saja memiliki ciri khas yang berbeda-beda dalam karyanya, termasuk seni yang ada pada setiap canting atau lukisan di atas kain. Anda tidak bisa mengharapkan seni yang sama walaupun membeli Batik Canting dari rumah produksi atau tempat yang sama.

Imajinas dan juga jam terbang dari seorang seniman Batik akan menentukan bati yang dihasilkan. Walaupun pada umumnya semua jenis Batik yang dihasilkan akan selalu memiliki kualitas yang baik dan juga nyaman untuk dijadikan salah satu bagian dari fashion dan yang lainnya. Berkembangnya Batik Canting ke daerah-daerah lain di sekitar Solo membuat semakin banyak variasi dari Batik Canting yang dapat Anda miliki.

Seni pada batik diawali dengan kain Batik sendiri, harga kain batik tulis dapat Anda miliki mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Anda akan melihat perbedaan yang nyata walaupun Anda mendapatkannya dari seniman yang sama, hal ini menjadi salah satu keunikan dari Batik tulis dikenal dengan istilah Batik Canting. Tingkat kerumitan yang ada akan tercerminkan pada harga Batik Tulis atau Canting sendiri.

Banyak yang tidak percaya pada kesulitan yang dihadapi ketika harus membuat Batik Tulis, saat ini Anda bisa mengikuti course atau kelas membatik yang sudah banyak diadakan agar mengasah kreativitas dan juga mengembangkan kekayaan Indonesia.

Motif atau Corak yang Ada Cenderung Berbeda-beda

Corak yang ada atau motif yang berbeda-beda menunjukkan harga batik tulis asli cenderung tinggi dan harus Anda perhatikan apabila Anda yang emnad dengan harga murah tetapi menatka itu adalah Batik Canting. Ketika Anda membeli Batik Tulis dengan corak atau pola yang sama, Anda akan mendapatkan perbedaan yang cukup terlihat apabila diperhatikan. Hal ini diakrenakan semua pola yang ada dibuat dengan tangan atau bantuan alat lain sehingga tidak mungkin konsisten 100%.

Jual kain batik tulis terpercaya dan juga melihat pihak penjual secara cermat merupakan cara terbaik agar Anda tidak tertipu dan tetap mendapatkan Kain Batik Tulis atau Canting yang asli dari seniman Batik yang sudah membuatnya dengan sepenuh hati. Motif atau Corak yang ada pada Batik Tulis akan membuat Anda jatuh cinta karena keunikan dan juga pesonanya yang sangat tinggi. Tidak perlu jauh-jauh mengunjungi sentra Batik yang ada di Solo, Anda dapat memiliki Batik Tulis yang Anda inginkan dengan banyaknya e-commerce yang menjual Batik Tulis Asli terpercaya.

Salah satu aspek yang sangat penting dalam memulai Batik Tulis adalah kain untuk batik tulis. Kain untuk Batik Tulis juga sangat berpengaruh dalam hasil yang ada. Banyak sekali hal-hal kecil yang harus diperhatikan untuk menghasilkan Batik Tulis yang sempurna.

Warna yang Muncul Pada Batik Sangat Alami

Selain isen-isen pada batik tulis, salah satu keunikan lain dalam Batik Tulis atau Canting adalah warna yang digunakan dalam Batik Tulis sendiri. Karena dikerjakan dengan tradisiona, bahan yang digunakan termasuk dalam sistem pemberian warna juga masih sangat alami sehingga warna yang muncul di hasil akhir terlihat sangat berbeda dengan warna-warna batik lain.

Warna yang ada tentu saja tidak akan sama ketika Anda sedang melihat proses pewarnaan karena adanya pemudaran ketika menjemur batik di bawah sinar matahari. Tentu saja perbedaan warna yang ada tidak akan signifikan dan tidak perlu dikhawatirkan. Corak yang ada dan juga warna menjadi komponen yang akan menarik perhatian Batik Tulis apabila tidak dilihat secara langsung dan dipegang.

Tetap Saat ini, kualitas yang ada juga semakin baik dan banyak ragamnya sehingga Anda dapat menyesuaikan hal tersebut dengan kebutuhan Anda. Harga Batik tulis yang sangat variatif dan dapat dengan mudah dimiliki mulai dari ratusan ribu akan memenuhi kebutuhan Anda dalam berpakaian formal.

Dengan Batik Tulis yang tentu saja nyaman digunakan dan tidak akan membuat Anda merasa panas, ketika harus mendatangi acara formal menjadi semakin mudah.  Isen-isen Batik Tulis dapat disesuaikan dengan selera Anda walaupun hampir semua ragam yang ada sangat menarik.

Informasi di atas berkenaan dengan Batik tulis menjadi referensi Anda ketika akan memilih dan mencari Batik mana yang cocok. Batik tulis dan batik cap tentu saja memiliki perbedaan masing-masing dan hal ini semakin jelas dengan proses pembuatan yang digunakan. Dalam memilih Batik, kenyamanan dan juga selera Anda adalah hal yang harus dipertimabngkan agar mendapatkan Batik yang tepat.

Ketika mengenakan Batik, Anda sudah membantu dalam melestarikan Budaya asli Indonesia. Batik yang sempurna tentu saja berasal dari proses yang panjang, terutama Batik tulis dikenal dengan istilah Batik Canting.

 

Bagikan informasi tentang 4 Keunikannya Batik Tulis (Batik Tulis Dikenal dengan Istilah Batik Canting) kepada teman atau kerabat Anda.

4 Keunikannya Batik Tulis (Batik Tulis Dikenal dengan Istilah Batik Canting) | Batik Tulis Giriloyo

Belum ada komentar untuk 4 Keunikannya Batik Tulis (Batik Tulis Dikenal dengan Istilah Batik Canting)

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
QUICK ORDER
JUAL MOTIF BATIK SAWAT GRINGSING

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

batik sawat gringsing, Rp 800.000
Ready Stock / BTG 01
Rp 800.000
Ready Stock / BTG 01
QUICK ORDER
Motif Batik Wahyu Tumurun Sogan Latar Kembang Pacar

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

batik wahyu tumurun Rp 1.400.000
Ready Stock / BL 22
QUICK ORDER
Miliki Batik Wahyu Tumurun dari Batik Giriloyo

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

motif batik wahyu tumurun Rp 750.000
Ready Stock / SMY 14
Rp 750.000
Ready Stock / SMY 14
SIDEBAR